• Rabu, 26 Januari 2022

Ternyata Inilah Sejarah Bakpia, Penganan Khas Jogja yang Paling Digemari

- Sabtu, 20 November 2021 | 20:15 WIB
Potret bentuk asal dari Bakpia penganan khas jogjakarta yang paling digemari (Tim/WAP/wikipedia)
Potret bentuk asal dari Bakpia penganan khas jogjakarta yang paling digemari (Tim/WAP/wikipedia)

godepok.com, Berlibur ke Jogja tak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh cemilan Khas Jogja, dari beberapa kudapan yang banyak di jajakan pusat oleh-oleh yang tersebar di penjuru Kota Jogjakarta, bakpia lah yang selalu menjadi buruan para wisatawan domestik.

Tapi tau kah anda walaupun bakpia sebagai kudapan khas Jogja, sesungguhnya bakpia berasal dari tanah kelahiran xijinping Tiongkok, nama aslinya adalah Tou Luk Pia yang berarti kue isi daging.

Karena perkembangan jaman, Tou Luk Pia atau Bakpia memiliki varian banyak rasa, rasa coklat, keju, dan berbagai varian selai.

Baca Juga: Barikade 98 Tuntut Prabowo Pecat Fadli zon, Benny Rhamdani: 16 Sentimen Negatif Diarahkan ke Jokowi

Berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum godepok dari beragam sumber, ternyata bakpia pertama kali di perkenalkan oleh pedagang Tiongkok bernama Kwik Sun Kwok pada tahun 1940-an, walaupun sebenarnya bakpia sudah ada sejak tahun 1030-an atau dekade awal abad-20. 

Kwik membuat Bakpia untuk di jual di Jogja, berjalannya waktu Kwik Sun Kwok menyewa sebidang tanah milik Niti Guritno di kawasan Suryowijayan, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta.

Pada awalnya ia membuat bakpia dengan menggunakan resep asli dari Tiongkok, yaitu masih menggunakan unsur-unsur dari binatang babi, yaitu minyak babi untuk pengolahan dan daging babi sebagai isi bakpianya.

Baca Juga: Unggahan Aura Kasih Cari Papa Baru untuk Anaknya Banjir Komentar

Namun, setelah tahu bahwa masyarakat Yogyakarta didominasi umat muslim dan tidak makan daging babi atau produk dari babi lainnya, Kwik lantas bereksplorasi membuat bakpia tanpa menggunakan minyak babi dan daging babi.

Halaman:

Editor: Wahyu Adi Putranto

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X