• Rabu, 26 Januari 2022

Gaya Hidup Modern Tak Mampu Menembus Kampung Naga

- Minggu, 28 November 2021 | 16:15 WIB
salah sati potret warga Kampung Naga (Tim/Dok.pri)
salah sati potret warga Kampung Naga (Tim/Dok.pri)


godepok.com, Ketiga mendengar kata Kampung Naga mungkin sudah tak asing lagi ditelinga, pasalnya, daerah tersebut menjadi salah satu obyek wisata yang kerap menjadi pilhan bagi para wisatawan.

Selain menyajikan panorama keindahan alam, Kampung Naga juga menyajikan pemandangan alami dari sebuah perkampungan, dari mulai suguhan beragam rumah tinggal yang berada disana hingga keunikan budaya yang ada.

Bahkan, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber, meskipun gempuran teknologi dan kehidupan modern yang kian ganas saat ini, tidak lantas membuat masyarakat Kampung Naga tergiur untuk mengikuti derasnya perkembangan zaman.

Baca Juga: Liga Italia, Berhasil Kalahkan Venezia 2-0 Inter Milan Tempel Napoli dan Lawan Sekotanya

Selain itu, beragam warisan budaya yang telah telah diwariskan oleh para leluhur pun masih terjaga dan lestari di Kampung Naga, hal tersebut terlihat dengan kehidupan masyarakat setempat yang masih menjaga kelestarian lingkungan, seperti sungai Ciwulan yang melintasi Kampung Naga kondisinya masih alami dengan aliran air yag bersih tanpa tercemar limbah apapun.

Padahal, jika dilhat dari letaknya, Kampung Naga tidak berada jauh dari Jalan penghubung Tasikmalaya dengan Garut yang ramai setiap harinya dilewati kendaraan bermotor.

Baca Juga: Tiga Pelaku Begal di Bojonggede Berhasil Dibekuk Polisi

Hal tersebut juga didukung oleh prinsip warga Kampung Naga yang tetap erat memegang budaya dan ajaran secara turun temurun, salah satunya menurut mereka jika kesederhanaan membawa
kesenangan dalam hidup, kenapa harus berlebihan.

Pandangan itu terpatri dalam falsafah hidup Adat warga Kampung Naga, jika tertulis dalam bahasa aslinya falsafaf tersebut berbunyi, Teu saba, teu soba. Teu banda, teu boga. Teu weduk, teu bedas. Teu gagah, teu pinter.

Artinya adalah: Jika mau hidup bahagia warga Naga harus menjauhi kehidupan harta, tidak merasa lebih tinggi dari yang lain, dan hidup secukupnya secara bersahaja.

Baca Juga: Kisah Seru Film The Devils Double, Ini Sekilas Sinopsisnya

Halaman:

Editor: Erwin GD

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X