Misteri Lebeng dan Kisah Penguasa Laut Selatan Dibalik Keindahan Pantai Glagah Jogja

- Minggu, 9 Januari 2022 | 11:59 WIB
Potret keindahan Pantai Glagah Kulon Progo Jogjakarta saat senja yang menyimpan banyak misteri (Tim/instagram halojogjakarta)
Potret keindahan Pantai Glagah Kulon Progo Jogjakarta saat senja yang menyimpan banyak misteri (Tim/instagram halojogjakarta)

godepok.com, Salah satu objek Wisata Pantai yang populer di wilayah Jogjakarta yaitu Pantai Glagah memang menyajikan panorama keindahan alam yang mempesona sehingga kerap jadi tujuan wisatawan ketika berkunjung ke Jogjakarta.

Namun, dibalik keindahan Pantai Glagah yang terletak di Kulon Progo juga menyimpan sebuah misteri yang konon kabarnya sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat sekitar lantaran daerah tersebut merupakan kawasan Pantai Selatan Jawa yang tak lepas dari kisah Ratu Kidul.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari beragam sumber, Pantai Glagah di Kulon Progo ini menghadap langsung ke Samudra Hindia yang terkenal dengan ombak yang besar bahkan dikabarkan kerap memakan korban jiwa. Karena di Pantai Glagah terdapat Lebeng atau disebut Rip Current.

Baca Juga: Mohamed Salah Masih Memimpin Klasemen Sementara Penghargaan Sepatu Emas Castrol

Lebeng atau Rip Current adalah sebuah arus balik ke tengah laut yang deras dan mampu menyeret berbagai benda termasuk manusia, ciri ciri wilayah Lebeng sendiri terlihat seperti tidak berbahaya karena secara kasat mata biasa saja, tenang dan tidak ada ombak besar, namun siapa sangka dibalik ketenangannya itu menyimpan arus bawah yang sangat deras.

Bahkan menurut keterangan di situs maritim Bmkg, Lebeng seperti di Pantai Glagah ini terjadi karena adanya pertemuan ombak yang sejajar dengan garis pantai sehingga menyebabkan terjadinya arus balik dengan kecepatan arus yang tinggi.

Kecepatan arusnya bervariasi tergantung pada kondisi gelombang, pasang surut dan bentuk pantai. Lebeng yang berhasil diukur kecepatannya dapat melebihi 2 meter/detik. Sehingga tentu saja amat sangat berbahaya.

Orang yang terseret ombak akan kesulitan berenang ke tepian karena arus yang deras. Hal ini bisa menyebabkan mereka yang berusaha berenang melawan arus kelelahan hingga akhirnya tenggelam.

Baca Juga: Dua Pemain Liverpool Bersaing ketat di Castrol Playmaker Award

Halaman:

Editor: Erwin GD

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X