Pencinta Kuliner Wajib Coba Wader Liwet Makanan Khas Desa Wisata Klayar Kedungpoh

- Minggu, 16 Januari 2022 | 10:35 WIB
Wader liwet makan khas desa wisata klayar, kedungpoh, Nglipar, Gunungkidul (Tim/WAP)
Wader liwet makan khas desa wisata klayar, kedungpoh, Nglipar, Gunungkidul (Tim/WAP)

godepok.com, Wader bintik-dua adalah sejenis ikan kecil anggota suku Cyprinidae anak-suku Cyprininae. Ikan ini menyebar di Indonesia bagian barat, Indocina, dan Filipina. Nama-nama daerahnya di antaranya adalah beunteur, wader cakul atau wader pada umumnya, puyan, tanah atau sepadak dan lain-lain.

Ikan berukuran kecil-sedang, panjang total (dengan ekor) umumnya hingga 100 mm, jarang lebih besar, namun dapat mencapai 170mm.

Baca Juga: Rutan dan Pemkot Depok Wacanakan Kejar Paket Bagi Napi Putus Sekolah

Wader merupakan ikan konsumsi yang disukai, namun hanya bernilai secara lokal, bila anda berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul tepatnya di Desa Wisata Klayar, Kalurahan Kedungpoh, Kapanewon Nglipar anda akan menikmati sensasi wader Liwet, di mana biasanya wader hanya di sajikan dalam balutan tepung dan di goreng kering, namun Wader Liwet menjadi khasanah kuliner Desa Wisata Klayar.

Shinta Lestari menjelaskan kepada GoDepok.com bahwa wader liwet hanya dapat di jumpai di Desa Wisata Klayar.

"Kalo biasanya wader hanya di goreng tepung sampe garing tapi di sini kami memiliki wader liwet mas, tambah makyus kalo di makan dengan nasi liwet sambal nya sambal bawang," kata Shinta lestari saat menyajikan Wader Liwet saat acara sarasehan budaya di Desa Wisata Klayar, Jumat malam (14/1/2022).

Baca Juga: Tak Kunjung Perpanjang Kontrak, Inter Intip Peluang Bajak Dybala Dari Juventus

Wader liwet sendiri olahan ikan wader di olah dengan bumbu bersantan, aroma rempah yang kental dan perpaduan santan kelapa murni membuat para pemburu kulier khas daerah sayang untuk di lewatkan.

Wader Liwet biasanya di sajikan dengan jangan lombok (sayur lombok) atau dengan jangan lompong (sayur lompong) dan tidak ketinggalan sambal bawang khas Gunungkidul. Menyantap Wader liwet juga bisa di temani dengan pepes ikan asin.

Halaman:

Editor: Wahyu Adi Putranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X