Menelisik Air Berwarna Merah Muda Danau Hillier yang Menjadi Daya Tarik Destinasi Wisata

- Minggu, 23 Januari 2022 | 12:00 WIB
Potret Danau Hillier yang memiliki air berwarna merah muda (Tim/twitter)
Potret Danau Hillier yang memiliki air berwarna merah muda (Tim/twitter)

godepok.com, Pernahkah anda mendengar tempat wisata unik yang bernama Danau Hillier dengan Air Berwarna Merah Muda? Kalau belum pernah mari simak ulasan tentang tempat wisata unik bernama Danau Hillier yang airnya berwarna merah muda.

Danau Hillier adalah salah satu danau air asin ditepi Middle Island, pulau terbesar dan pulau-pulau kecil yang membentuk Kepulauan Recherche di wilayah Goldfields-Esperance, di lepas pantai selatan Australia Barat.

Danau ini sangat terkenal karena airnya yang berwarna merah muda. Danau Hillier membentang hingga sepanjang 600 meter dengan lebar sekitar 250 meter dan dikelilingi oleh tepian pasir serta hutan lebat.

Baca Juga: Miliki Tempat Baru, TPR Tepus Terlihat Sepi Pengunjung

Anehnya, Warna air danau ini permanen, dan tidak berubah saat air diambil ke dalam wadah. Warna merah muda di danau ini ada yang menyebut karena adanya gagang merah Dunaliella salina.

Satu-satunya organisme hidup di Danau Hillier adalah mikroorganisme, termasuk Dunaliella salina, ganggang merah yang menciptakan warna merah di danau ini dan juga berkaitan dengan tingginya kandungan garam. Bakteri halofilik merah, bacterioruberin, juga ditemukan di kerak garam danau ini.

Meskipun memiliki warna yang ganjil, danau ini tidak menunjukkan efek buruk yang diketahui pada manusia. Dari atas, danau tampak seperti permen karet berwarna merah muda, tetapi dari garis pantai tampak lebih seperti warna merah muda yang jernih.

Baca Juga: Mundur Sebagai Pemain Tim Nasional, Pebukutangkis Malaysia Lee Zii Jia Dapat Hukuman Dua Tahun

Garis pantai di dekat danau ini juga tertutup endapan kerak garam. Pada tahun 2016 para ilmuwan dari Extreme Microbiome Project melakukan pengurutan DNA mikrobioma dan metagenomik yang ekstensif, pera peneliti mendeteksi keberadaan Haloquadratum, Haloferax, Salinibacter, Halobacterium, Halogeometricum, dan beberapa organisme halofilik lainnya. Kultur dari air juga menunjukkan konsentrasi Psychroflexus yang rendah.

Halaman:

Editor: Erwin GD

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X