• Kamis, 9 Desember 2021

Kodim Bentuk Kampung Pancasila Setiap RW

- Kamis, 8 April 2021 | 10:12 WIB
IMG-20210408-WA0005
IMG-20210408-WA0005

godepok-SeputarDepok, Tentara Nasional di wilayah Komando Daerah Militer Jayakarta termasuk Kodim 0508 Depok mendirikan Kampung Pancasila.

Danramil Sukmajaya, Kapten (Inf) Suyono kepada wartawan mengatakan di Depok, program tersebut bahkan telah dilakukan secera serentak oleh seluruh Komando Rayon Militer atau Koramil yang berada di bawah naungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0508-Depok. Seperti di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong.

Salah satu tujuannya adalah untuk menghalau paham radikal yang dikhawatirkan menyasar kalangan milenial.

“Sasaran kami adalah generasi muda. Ini penting, untuk memperkuat wawasan kebangsaan mereka sehingga tidak mudah terpengaruh pada hal-hal negatif,” katanya.

Dia mengatakan, tantangan yang dihadapi anak bangsa sekarang ini sangatlah kompleks. Penyebabnya tak lain karena derasnya arus informasi melalui internet.

“Akses untuk mendapatkan informasi sangat terbuka, jika tidak bisa memfilter akan sangat berbahaya karena tidak semua info benar, banyak yang mengandung unsur hoax dan provokatif, ini yang harus kita waspadai,” jelasnya

Selain itu, berdasarkan penjelasan sejumlah pengamat, pelaku radikal akhir-akhir ini kerap memanfaatkan jejaring media sosial untuk merekrut kaum milenial.

“Saya rasa hal-hal seperti itu yang harus kita antisipasi. Nah keberadaan Kampung Pancasila ini diharapkan mampu menjawab persoalan-persoalan dan tantangan zaman di era modern sekarang ini,” kata Yono

Sementara itu, Lurah Sukamaju, Nurhadi, mengaku sangat mendukung keberadaan Kampung Pancasila.

Ke depan Kampung Pancasila sebagai wadah pembinaan bagi masyarakat pada umumnya. Nanti kedepannya setiap RW ada Kampung Pancasila.

Sama seperti Kampung Tangguh Jaya, Nurhadi pun yakin, keberadaan Kampung Pancasila dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan warga.

“Jadi ini bukan hanya sebagai wadah untuk memahami ideologi Pancasila, tapi juga bermanfaat dalam segi keamanan lingkungan, kegiatan kreatifitas dan pembinaan kesejahteraan. Terutama membina pemuda saat ini,"katanya.(AH)

 

Editor: Administrator

Terkini

Realme Bakal Segera Perkenalkan Produk Terbarunya

Jumat, 29 Oktober 2021 | 14:50 WIB

Polisi Buru Pelaku Pembunuhan di Jalan Nangka

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:56 WIB

Liga Italia, AC Milan Menang Tipis Atas Torino

Rabu, 27 Oktober 2021 | 08:24 WIB

Mengungkap Mitos Mata Kedutan Sebelah Kiri

Rabu, 27 Oktober 2021 | 07:37 WIB

Nahas, Genap 17 Tahun Seorang Remaja Jadi Korban Begal

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:01 WIB

Mahasiswa Demo di Margonda

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:40 WIB
X