• Rabu, 29 Juni 2022

Mengungkap Mitos Mata Kedutan Sebelah Kiri

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 07:37 WIB
images (37)
images (37)

godepok.com, Mitos mata kedutan sebelah kiri telah banyak beredar selama ini, bukan hanya di Indonesia, ternyata tiap negara punya mitos sendiri terkait hal tersebut. Padahal, dalam istilah medis, mata kedutan sering diaebut myokymia.

Mengutip laman halodoc, Dalam dunia medis, mata kedutan disebut dengan istilah myokymia. Kondisi ini terjadi ketika otot-otot mata mengalami kejang berulang kali. Kebanyakan mata kedutan hanya berlangsung beberapa menit, tapi kadang-kadang bisa berlangsung selama berhari-hari atau lebih.

Selain itu, Mata kedutan sebelah kiri adalah hal yang biasa terjadi. Namun, tradisi dan budaya di suatu daerah kerap kali membuatnya jadi lebih familiar Misal, ada mitos yang mengatakan bahwa hal ini merupakan pertanda baik, atau sebaliknya.

Sebenarnya, ada penjelasan ilmiah di balik mitos-mitos yang beredar selama ini mengenai mata kedutan sebelah kiri. Meskipun sensasi kedutan yang kadang muncul di dalam atau di sekitar kelopak mata dapat menyebabkan iritasi, kebanyakan mata kedutan bukan merupakan kondisi yang serius.

Mata kedutan sebelah kiri biasanya tidak berbahaya, karena seringkali dipicu oleh berbagai kegiatan sehari-hari, seperti kelelahan, kurang tidur, merokok, mengonsumsi kafein atau alkohol.

Selain itu, ketegangan mata akibat menonton televisi, bermain gadget, atau bekerja di depan layar komputer terlalu lama juga dapat memicu mata kedutan sebelah kiri.

Jika mata kedutan sebelah kiri disebabkan oleh hal-hal tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan beristirahat dan mengurangi asupan kafein atau alkohol.

Namun, pada kasus yang jarang terjadi, mata kedutan sebelah kiri juga bisa dikaitkan dengan gangguan neurologis, seperti epilepsi, penyakit Parkinson, atau sindrom Tourette.

Kedutan mata jarang menjadi tanda kondisi serius yang memerlukan perawatan medis darurat. Namun, bila kedutan terjadi jangka panjang atau kronis, bisa menjadi indikasi gangguan otak atau sistem saraf yang lebih serius.

Kamu mungkin perlu menemui dokter jika mengalami kedutan mata kronis bersama dengan salah satu gejala berikut:

Mata merah, bengkak, atau mengeluarkan cairan yang tidak biasa.Kelopak mata atas terkulai.Kelopak mata benar-benar menutup setiap kali berkedut.Kedutan berlanjut selama beberapa minggu.Kedutan mulai memengaruhi bagian lain dari wajah.

sumber:Halodoc

Editor: Administrator

Terkini

Realme Bakal Segera Perkenalkan Produk Terbarunya

Jumat, 29 Oktober 2021 | 14:50 WIB

Polisi Buru Pelaku Pembunuhan di Jalan Nangka

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:56 WIB

Liga Italia, AC Milan Menang Tipis Atas Torino

Rabu, 27 Oktober 2021 | 08:24 WIB

Mengungkap Mitos Mata Kedutan Sebelah Kiri

Rabu, 27 Oktober 2021 | 07:37 WIB

Nahas, Genap 17 Tahun Seorang Remaja Jadi Korban Begal

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:01 WIB

Mahasiswa Demo di Margonda

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:40 WIB
X