• Rabu, 26 Januari 2022

Mengenal VAR, Sistem Penolong yang Kadang Menjadi Sumber Kontroversi

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 09:37 WIB
Vidio assistant referee (VAR) (twitter)
Vidio assistant referee (VAR) (twitter)

godepok.com, Pada laga panas antara Inter Milan VS Juventus hari kemarin terjadi sebuah keputusan kontroversial dari wasit, pasalnya pada menit akhir sebelum pertandingan usai, Juventus mendapatkan Penalti setelah hasil VAR dilihat oleh wasit, banyak klub dan pelatih yang memprotes sistem Vidio assistant referee (VAR) ini karena kerap kali mengundang hasil kontroversial, lalu apa sebenarnya fungsi dari VAR itu sendiri?

Pada sepakbola modern ini kita di kenalkan pada sistem Video Asistant Referee, atau biasa disebut VAR. Sistem ini pertama kali di uji coba pada musim 2012-2013 di Liga Belanda, lalu pada tahun 2014, Asosiasi sepak bola Belanda (KNVB) mengajukan kepada Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) agar VAR di ujicobakan secara luas, IFAB pun menyetujuinya dan mulai melakukan percobaan intens di tahun 2016.


Setelah dilakukan di berbagai pertandingan dan kompetisi akhirnya pada tahun 2018 IFAB secara resmi memasukan VAR sebagai dari peraturan sepakbola, hal ini dimaksudkan agar membantu wasit untuk melihat insiden krusial yg tidak bisa dijawab wasit dilapangan.

VAR teridiri dari empat aspek yang dapat ditinjau dalam mengambil sebuah keputusan.Keempat aspek tersebut antara lain keputusan soal gol, pemberian kartu merah langsung, pemberian penalti dan peraturan tentang pemberian kartu kuning atau merah.

Petugas VAR sendiri ditempatkan di suatu ruangan , mereka memantau langsung pertandingan dari layar monitor yang menampilkan gambar dari kamera dengan berbagai sudut pandang berbeda.

Tapi kehadiran VAR sendiri kadang malah membuat keputusan-keputusan kontroversial, kita ambil contoh pertandingan yang masih hangat, yaitu antara Inter Milan melawan Juventus.

Sebenarnya pada kejadian tersebut, awalnya wasit tidak memutuskan adanya pelanggaran yang dilakukan pemain Inter milan, tapi petugas VAR memutuskan kejadian tersebut untuk ditinjau ulang, dan pada akhirnya Juventus mendapatkan hadiah penalti di menit akhir, membuat skor menjadi seri 1-1 dan membuyarkan mimpi Inter Milan merengkuh 3 poin atas rival abadinya Juventus.

Sistem VAR hadir dengan maksud agar pertandingan menjadi lebih adil, dan menarik karena agar meminimalisir kesalahan dalam mengambil keputusan dari wasit, tapi dari banyaknya keputusan kontroversial yang hadir dari sistem VAR tersebut, sepertinya sistem ini masih harus banyak perbaikan.***

Editor: Erwin GD

Tags

Terkini

Realme Bakal Segera Perkenalkan Produk Terbarunya

Jumat, 29 Oktober 2021 | 14:50 WIB

Polisi Buru Pelaku Pembunuhan di Jalan Nangka

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:56 WIB

Liga Italia, AC Milan Menang Tipis Atas Torino

Rabu, 27 Oktober 2021 | 08:24 WIB

Mengungkap Mitos Mata Kedutan Sebelah Kiri

Rabu, 27 Oktober 2021 | 07:37 WIB

Nahas, Genap 17 Tahun Seorang Remaja Jadi Korban Begal

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:01 WIB

Mahasiswa Demo di Margonda

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:40 WIB
X