• Sabtu, 29 Januari 2022

DPRD dan Pemprov DIY Lakukan Roadshow Sinau Pancasila

- Sabtu, 20 November 2021 | 08:15 WIB
Potret kegiatan Sinau Pancasila di Kapanewon Semin (Tim/Wap)
Potret kegiatan Sinau Pancasila di Kapanewon Semin (Tim/Wap)


godepok.,com, Mulai lunturnya nilai-nilai toleransi di tengah masyarakat dan dalam upaya menekan faham radikalisme dan terorisme maka di rasa perlu pemerintah membumikan Pancasila dan bhineka tu tunggal ika kepada masyarakat Indonesia.

Salah satu cara membumikan kembali Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika di tengah masyarakat, anggota Komisi A DPRD DIY Bambang Setyo Martono beserta Badan Kesatuan bangsa dan politik subbidang Bina Ideologi melakukan roadshow kegiatan program Sinau Pancasila (belajar Pancasila).

Program Sinau Pancasila menurut Bambang Setyo Marto adalah program dialog interaktif antara nara sumber dan masyarakat di 78 Kapanewon (Kecamatan) dari 4 Kabupaten dan 1 kota di provinsi DIY.

Baca Juga: Pencurian Besi Penutup Gorong-gorong Kembali Terjadi di Depok, Kali Ini Aksinya Terekam CCTV

Kegiatan Sinau Pancasila dan wawasan kebangsaan yang di selenggarakan di Kapanewon Semin ini, Bambang mengklaim Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan yang pertama dan satu-satunya yang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan dialog interaktif di tengah masyarakat dengan muatan Pancasila dan wawasan kebangsaan di Indonesia.

"Program Sinau Pancasila dan bhineka tunggal ika wawasan kebangsaan ini dalam rangka membantu Gubernur DIY mewujudkan masyarakat DIY yang berideologi Pancasila dan mampu mengamalkannya," kata Bambang kepada media, pada Kamis (18/11/2021) kemarin di aula Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Baca Juga: Kalurahan Pilangrejo Serahkan Ratusan Sertifikat Tanah Masyarakat Melalui Program PTSL

Lebih lanjut Bambang mengatakan sasaran dari Sinau Pancasila ini adalah para tokoh dan orang-orang berpengaruh di tengah masyarakat dan yang paling di utamakan para generasi milenial.

"Di era keterbukaan informasi yang kian masif ini menggaungkan nilai Pancasila adalah mutlak sebab generasi muda butuh pegangan, prinsip hidup bernegara, dan kemajuan teknologi kita jadikan kekuatan untuk menciptakan ekosistem yang pancasilais, di manapun dan kapanpun, karena perbedaan adalah rahmat," jelas Bambang Setyo Martono.

Halaman:

Editor: Wahyu Adi Putranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jaksa Turun Langsung Berikan Edukasi Hukum

Jumat, 28 Januari 2022 | 19:00 WIB

Prakiraan Cuaca Depok Hari Jumat 28 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 | 08:00 WIB

Antisipasi Fuso Wabup Gunungkidul resmikan PDPI

Kamis, 27 Januari 2022 | 20:17 WIB
X