• Senin, 29 November 2021

Belum Punya Kampung Siaga Bencana, Dinsos Kabupaten Semarang Sambangi Marga Jaya Pilangrejo Gunungkidul

- Kamis, 25 November 2021 | 13:15 WIB
Dinsos Kabupaten Semarang ber foto bersama di lumbung KSB Marga Jaya Pilangrejo (Tim/WAP)
Dinsos Kabupaten Semarang ber foto bersama di lumbung KSB Marga Jaya Pilangrejo (Tim/WAP)


godepok.com, Dinas Sosial Kabupaten Semarang melakukan study banding ke kampung siaga bencana (KSB) Marga Jaya, Kalurahan Pilangrejo, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Rabu, (24/11/2021).

Kunjungan Dinsos Kabupaten Semarang yang dikoordinatori Kepala Bidang Pelayanan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PPMKS) Rini Widiastuti SH, mengatakan bahwa kunjungannya ke KSB Marga Jaya Pilangrejo ini karena keinginan Kabupaten Semarang memiliki Kampung Siaga Bencana.

"Kegiatan ini karena diniatkan keinginan Kabupaten Semarang memiliki kampung siaga bencana, dan setelah kami melihat KSB Marga Jaya ini sangat bagus, dan tertata secara administrasi mupun kelengkapan dan kegiatannya," kata Rini.

Baca Juga: Bantu Ketersedian Darah Bagi PMI, Kalurahan Tancep Gunungkidul Lakukan Donor Darah Rutin

Rini menjelaskan bahwa keinginan Dinsos Kabupaten Semarang memiliki KSB sudah di rencanakan sejak 2 Tahun lalu namun karena pandemi dan banyaknya anggaran di revekusing maka baru kali ini Dinsos melakukan study banding.

Ia menambahkan dari hasil study banding ini Dinsos Kabupaten Semarang nantinya akan membentuk 2 KSB terlebih dahulu. Sehingga dari 2 KSB yang terbentuk harapannya bisa menularkan ke daerah yang lain.

Adapun alasan Dinsos melakukan study banding kebencanaan di Kabupaten Gunungkidul, Rini menjelaskan karena kontur geografis dan bencana yang sering terjadi sama seperti yang kerap terjadi di Kabupaten Gunungkidul.

"Kenapa kami ke Gunungkidul, sebenarnya ada 2 pilihan Gunungkidul atau Banyumas, namun karena sifat kebencanaan nya di Gunungkidul sama dengan dengan yang sering terjadi di tempat kami, Banyubiru itu tanah longsor dan angin maka kami memilih ke Gunungkidul,"jelas Rini.

Baca Juga: Upayakan Miliki Nilai Tambah Ekonomi Keluarga, PKK Kalurahan Sumberejo Gelar Pelatihan Pembuatan Jamu

Kegiatan study banding Dinsos Kabupaten Semarang ini juga di dampingi oleh Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kabupaten Gunungkidul Suryatin, SE, MM.

Halaman:

Editor: Wahyu Adi Putranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pecurian saat Rumah Kosong Kerap Terjadi di Depok

Senin, 29 November 2021 | 15:15 WIB

Komunitas SUP Depok Berhasil Naik Podium di KASAL Cup

Minggu, 28 November 2021 | 15:15 WIB

Tiga Pelaku Begal di Bojonggede Berhasil Dibekuk Polisi

Minggu, 28 November 2021 | 09:15 WIB

Dalam Sehari, Dua Kasus Bunuh Diri Terjadi di Depok

Sabtu, 27 November 2021 | 20:15 WIB
X