• Rabu, 26 Januari 2022

Perusahaan di Depok Diwajibkan Rekrut Pekerja Disabilitas

- Sabtu, 27 November 2021 | 18:15 WIB
Potret Seorang pekerja Disabilitas saat memperbaiki komponen televisi yang rusak.  BPJS Ketenagakerjaan melindungi dan menyasar pekerja disabilitas dan satu juta tenaga kerja informal agar mereka terjamin keselamatannya dan mendapat manfaat dari program jaminan sosial. (Tim/AH)
Potret Seorang pekerja Disabilitas saat memperbaiki komponen televisi yang rusak. BPJS Ketenagakerjaan melindungi dan menyasar pekerja disabilitas dan satu juta tenaga kerja informal agar mereka terjamin keselamatannya dan mendapat manfaat dari program jaminan sosial. (Tim/AH)

godepok.com, Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat mewajibkan setiap perusahaan yang ada di kota tersebut untuk menerima karyawan Disabilitas dengan kuota satu persen dari jumlah karyawan yang ada di perusahaan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Depok M Thamrin mengatakan, aturan penerimaan karyawan disabilitas tersebut sesuai aturan dan regulasi undang-undang.

"Sesuai dengan aturan dan regulasi minimal satu persen dari jumlah pegawai di perusahaan. Contohnya, kalau 400 karyawan paling tidak empat orang lah, jadi wajib hukumnya," katanya.

Baca Juga: Tak Miliki IMB, Sebuah Cafe di Pondokcina Depok Disegel

Lebih lanjut Thamrin mengatakan, Disabilitas memiliki punya hak yang sama serta kesempatan kerja yang sama dengan orang normal. Dia mengemukakan aturan tersebut mengandung konsekuensi yang mengikat bagi perusahaan, sebab jika tidak ditaati bakal ada sanksi yang menanti.

"Tentu UU sudah katakan ada sanksi, apakah sanksi administrasi, tapi saya belum temukan perusahaan tidak menerima disabilitas, karena setahu saya belum ada yang menolak dan ada aturan tertentu di masing-masing perusahaan itu yang harus dipenuhi seusia kualifikasi pekerjaan,"terangnya.

"Itu menurut Undang-undang harus satu persen dari jumlah pegawai yang ada di perusahaan. Itu sudah berlaku di Depok, dan itu kan seluruh Indonesia," sambungnya.

Baca Juga: Identitas Mayat Tegantung Dipohon Kawasan Setu Citayam Akhirnya Terungkap

Sementara itu, Dirut BPJS Ketengakerjaan Agus Susanto mengingatkan perusahaan agar tidak mengesampingkan kebutuhan para pekerja penyandang disabilitas. Khususnya, dalam mendapatkan hak atas kesempatan memperoleh pekerjaan.

Halaman:

Editor: Erwin GD

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tender Formula E Gagal, Pemprov DKI Diminta Transparan

Selasa, 25 Januari 2022 | 20:00 WIB

X-TEN Klaim Sebagai Oli yang Tahan Lama

Selasa, 25 Januari 2022 | 18:00 WIB

Laporan Kasus Edy Mulyadi Ditangani Bareskrim

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:00 WIB

Prakiraan Cuaca Depok Hari Ini Selasa 25 Januari 2022

Selasa, 25 Januari 2022 | 08:00 WIB

Aksi Demo Kejaksaan, Massa Bakar Ban Bekas

Senin, 24 Januari 2022 | 20:00 WIB

PTM 100 Persen di Depok Mulai Diterapkan Hari Ini

Senin, 24 Januari 2022 | 09:00 WIB

Prakiraan Cuaca Depok Hari Ini Senin 24 Januari 2022

Senin, 24 Januari 2022 | 08:00 WIB

Era Perbankan Digital Menuju Kemakmuran Ekonomi RI

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:00 WIB

NFT, Sebuah Batu Pijakan Masa Depan untuk Para Seniman

Minggu, 23 Januari 2022 | 17:00 WIB
X