Seni Tari Tradisional Ditengah Gempuran Budaya Modern Kaum Milenial

- Minggu, 23 Januari 2022 | 16:00 WIB
Tari Angguk kesnian tradisonal dari Kulon Progo (Tim/WAP/AHMF/instagram dinaskkminfokp)
Tari Angguk kesnian tradisonal dari Kulon Progo (Tim/WAP/AHMF/instagram dinaskkminfokp)

godepok.com, Negara Indonesia merupakan negara kepulauan, yang terdapat berbagai jenis kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia. tari tradisional merupakan salah satu tari yang sangat kental akan budaya dan adat istiadatnya.

Memasuki era modern tari tradisional masih memiliki eksistensi walau tak sebanyak sebelum kebudayaan luar masuk ke Indonesia.

Masuknya budaya luar ke Indonesia memiliki pengaruh dalam hal minat yang disukai masyarakat terutama generasi muda, kaum muda-mudi sekarang cenderung bergeser ke budaya luar dari yang menyukai tari tradisional beralih ke barat-baratan.

Baca Juga: Mengenal Konsep Metaverse dan Penerapannya Bagi Dunia Pendidikan

Hal ini juga disampaikan Putri Indah Kumara seorang mahasiswa yang menekuni di dunia seni tari tradisional.

"Untuk tari tradisional di era modern sekarang udah mulai tergeser dengan kebudayaan baru ya, anak-anak mudah lebih suka K-POP atau dance-dance modern" Jelasnya.

Dalam seni tari tradisional penari harus paham pada setiap gerakan memiliki makna dan arti. Dengan segala hal yang harus dipelajari tersebut menjadi pertimbangan kaum muda-mudi saat ini yang hanya ikut menikmati pagelaran seni tari tradisional dan urung mempelajari dan terjun langsung sebagai penari tradisional.

"Kalau untuk mempelajari sudah mulai sedikit yang minat, tetapi kalau untuk menonton tari tradisional masih banyak yang minat. Karena seni itu ada dan melekat, apalagi seni untuk tari tradisional yang kental akan makna dan history jadi ada daya tariknya sendiri untuk memikat pasang mata yang melihat" kata Putri Indah Kumara.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aries, Sagitarius dan Libra Minggu 23 Januari 2022

Halaman:

Editor: Wahyu Adi Putranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Polwan Komandoi Sejumlah Polsek di Depok

Rabu, 25 Mei 2022 | 09:00 WIB

Diinterplasi, Walikota Sebut Belum Terima Surat

Selasa, 24 Mei 2022 | 18:00 WIB

Kereta Wisata Ambarawa -Tuntang Tabrak Minibus

Selasa, 24 Mei 2022 | 15:00 WIB
X