Era Perbankan Digital Menuju Kemakmuran Ekonomi RI

- Minggu, 23 Januari 2022 | 19:00 WIB
Potret Pendiri Ikatan Bankir Pancasila Ruscain Qurboni,  (Tim/Dok.pri)
Potret Pendiri Ikatan Bankir Pancasila Ruscain Qurboni, (Tim/Dok.pri)

godepok.com, Dampak revolusi industri 4.0 yang menandai transformasi digital--dengan teknologi disruptif macam artificial intelligence, cloud computing, blockchain, hingga biometrics--saat ini turut mempengaruhi bisnis perbankan.

Menurut Pendiri Ikatan Bankir Pancasila Ruscain Qurboni, salah satu dampak yang paling kentara adalah soal pemanfaatan data untuk meningkatkan kualitas produk. Istilah "data is the new oil" atau data sebagai minyak baru, yang diperkenalkan oleh matematikawan dan pebisnis data science asal Britania Raya Clive Humby pada 2006 silam, masih menemukan gemanya hingga saat ini.

"Data dapat digunakan sebagai aset bank untuk mengembangkan semacam analisis prediktif dalam upaya peningkatan produk dan layanan keuangan," tuturnya.

Baca Juga: Depok Perpanjang Masa PPKM Level 2 Mulai Tanggal 18 Hingga 24 Januari Mendatang

Selain soal penggunaan data, kata Ruscain, dampak revolusi industri 4.0 bagi perbankan juga mencakup perubahan ekspektasi konsumen, jenis kemitraan atau kolaborasi baru dengan ekosistem ekonomi digital, hingga perubahan model bisnis dan teknologi.

"Pandemi virus Corona yang disertai pembatasan mobilisasi orang atau aktivitas fisik memaksa masyarakat harus beradaptasi dan perlahan melakukan transaksi ekonomi melalui platform daring (dalam jaringan/online) atau digital," terangnya.

Kian masifnya layanan digital yang dikembangkan oleh perbankan di tengah perubahan gaya hidup masyarakat akibat pandemi Covid-19, tidak akan membuat industri ini mengurangi jumlah alias melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para karyawannya.

"Semakin banyak produk yang diluncurkan, maka spektrum akan makin luas. Dengan demikian, pada era digital ini job desk karyawan akan lebih fokus kepada penyelesaian masalah yang tidak dapat ditangani oleh layanan digital," katanya.

Baca Juga: Diduga Langgar PPKM, Petugas Bubarkan Kerumunan Mahasiswa di Cafe

Halaman:

Editor: Erwin GD

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Polwan Komandoi Sejumlah Polsek di Depok

Rabu, 25 Mei 2022 | 09:00 WIB

Diinterplasi, Walikota Sebut Belum Terima Surat

Selasa, 24 Mei 2022 | 18:00 WIB

Kereta Wisata Ambarawa -Tuntang Tabrak Minibus

Selasa, 24 Mei 2022 | 15:00 WIB
X