Optimisme Seorang Pengrajin Topeng di Dusun Bobung Gunungkidul dalam Menjaga Tradisi Ditengah Pandemi

- Minggu, 23 Januari 2022 | 21:00 WIB
Potret Slamet seorang pengrajin topeng di padukuhan Bobung, Putat Gunungkidul yang selalu optimis dalam mempertahankan tradisi ditengah pandemi (Tim/WAP)
Potret Slamet seorang pengrajin topeng di padukuhan Bobung, Putat Gunungkidul yang selalu optimis dalam mempertahankan tradisi ditengah pandemi (Tim/WAP)

godepok.com, Kapanewon Patuk semakin istimewa karena salah satu desa atau kalurahannya di nobatkan sebagai Desa wisata Internasional.

Tak hanya itu ternyata banyak desa atau Kalurahan yang memiliki potensi yang sayang bila di lewatkan oleh para pelancong, salah satunya kampung Topeng di Padukuhan Bobung, Kalurahan Putat, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Untuk melihat dari dekat mengenai kampung topeng di padukuhan Bobung ini, Godepok.com menemui Slamet Riyadi generasi ke 3 penerus pengrajin Topeng di Padukuhan Bobung.

Baca Juga: Seni Tari Tradisional Ditengah Gempuran Budaya Modern Kaum Milenial

Berawal dari tradisi menari Topeng, para leluhur padukuhan Bobung maka terciptalah kampung topeng di Padukuhan Bobung.

"Pada awalnya nenek moyang Padukuhan Bobung ini para penari topeng, namun karena saat itu topeng hanya satu akhirnya pengunaannya bergantian," kata Slamet.

"Pada masa itu membuat Topeng itu harus mengunakan ritual mas," tambahnya.

Pada masa priode 1950 ada seorang Empu yang mampu membuat topeng, Empu tersebut bernama mbah Karso. Mbah Karso menurunkan keahliannya membuat topeng kepada menantunya yang bernama Wagio dari Wagio lah masyarakat Padukuhan Bobung memiliki keahlian membuat topeng.

Baca Juga: Depok Perpanjang Masa PPKM Level 2 Mulai Tanggal 18 Hingga 24 Januari Mendatang

Halaman:

Editor: Wahyu Adi Putranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Polwan Komandoi Sejumlah Polsek di Depok

Rabu, 25 Mei 2022 | 09:00 WIB

Diinterplasi, Walikota Sebut Belum Terima Surat

Selasa, 24 Mei 2022 | 18:00 WIB

Kereta Wisata Ambarawa -Tuntang Tabrak Minibus

Selasa, 24 Mei 2022 | 15:00 WIB
X