Tak Peduli Ancaman dari Rusia, Finlandia Ingin Segera Gabung NATO

- Jumat, 13 Mei 2022 | 09:00 WIB
Presiden Finlandia, Sauli Niinisto ingin negaranya bergabung menjadi anggota NATO (TIM/MMT/Instagram sauliniinistook)
Presiden Finlandia, Sauli Niinisto ingin negaranya bergabung menjadi anggota NATO (TIM/MMT/Instagram sauliniinistook)

godepok.com, Salah satu negara dikawasan Skandinavia, Finlandia berencana akan bergabung menjadi anggota NATO, hal ini disampaikan oleh Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan Perdana Menteri (PM) Sanna Marin.

Dilansir dari AFP pada Kamis (12/5/2022), keputusan Finlandia untuk bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara tersebut akan diumumkan pada akhir pekan ini.

Meski mendapatkan peringatan dari pihak Rusia jikalau Finlandia bergabung dengan NATO, tak membuat mereka gentar untuk tetap bergabung dengan aliansi militer yang dipimpin oleh Amerika Serikat tersebut.

Baca Juga: Diduga Faktor Cuaca Ekstrim, Biawak Masuk Pemukiman Warga

Hal ini diakibatkan dari Rusia yang menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu, opini publik dan politik Finlandia berubah secara dramatis dengan mayoritas warga mendukung keanggotaan NATO. Polling yang dirilis Senin (9/5) lalu oleh televisi lokal Yle menunjukkan sebanyak 76 persen warga Finlandia mendukung negaranya untuk bergabung NATO, padahal pada saat belum terjadinya invasi Rusia ke Ukraina hasil polling hanya menunjukan sekitar 23-30% saja masyarakat Finlandia yang setuju.

"Selama musim semi ini, diskusi penting soal kemungkinan keanggotaan NATO bagi Finlandia telah berlangsung," tutur Niinisto dan Marin dalam konferensi gabungan pada Kamis (12/5) waktu setempat.

Baca Juga: Puan Maharani Minta Hepatitis Akut Cepat Ditangani, Pemerintah: Seluruh Sumberdaya Dikerahkan

"Waktu dibutuhkan untuk membiarkan parlemen dan seluruh masyarakat menetapkan pendirian mereka terkait masalah ini. Waktu dibutuhkan untuk kontak internasional yang erat dengan NATO dan negara-negara anggotanya, juga dengan Swedia. Kami ingin memberikan ruang diskusi yang diperlukan," ujarnya.

Menanggapi ancaman Rusia kepada Finlandia, Presiden Niinisto hanya menjawab secara singkat, "Anda yang menyebabkan ini. Bercerminlah." ujar Niinisto.

Halaman:

Editor: Kinan Warih Arminta

Sumber: AFP

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Polwan Komandoi Sejumlah Polsek di Depok

Rabu, 25 Mei 2022 | 09:00 WIB

Diinterplasi, Walikota Sebut Belum Terima Surat

Selasa, 24 Mei 2022 | 18:00 WIB

Kereta Wisata Ambarawa -Tuntang Tabrak Minibus

Selasa, 24 Mei 2022 | 15:00 WIB
X