Mengenal Virus Penyakit Mulut dan Kuku yang Mulai Menyerang Hewan Ternak di Indonesia

- Jumat, 13 Mei 2022 | 08:15 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah meninjau sapi yang terjangkit virus PMK   (Tim/WAP/AHMF/instagram khofifah.ip)
Gubernur Jawa Timur Khofifah meninjau sapi yang terjangkit virus PMK (Tim/WAP/AHMF/instagram khofifah.ip)

godepok.com,Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) mulai menyerang hewan ternak di Indonesia terlebih di Jawa Timur pada awal Mei 2022.

Sebanyak 1.247 ekor sapi yang terjangkit Penyakit mulut dan kuku di Jawa Timur, merupakan angka penularan yang cukup tinggi pada hewan menyebabkan kekhawatiran akan penularan pada manusia.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin Menjelaskan, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak di Jawa Timur tidak akan membahayakan manusia.

Baca Juga: Diduga Faktor Cuaca Ekstrim, Biawak Masuk Pemukiman Warga

Pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah berdiskusi dengan organisasi kesehatan dunia (WHO) dan badan kesehatan hewan dunia (OIE) untuk memastikan penyakit mulut dan kuku ini hanya menulari hewan.

"Khusus untuk virus mulut dan kuku ini memang adanya di hewan yang berkuku dua, jadi sangat jarang yang loncat ke manusia,” jelas Budi dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/5/2022).

Dikutip dari Bogorkab.go.id, PMK atau dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dan Apthtae Epizooticae adalah penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus.

Baca Juga: Final Coppa Italia : Inter Milan vs Juventus 4-2, Gelar Kedua Nerazurri Musim Ini

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) harus kita waspadai kepada hewan ternak yang dimiliki, Penyakit ini dapat menyebar dengan sangat cepat mengikuti arus transportasi daging dan ternak terinfeksi.

Halaman:

Editor: Wahyu Adi Putranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Polwan Komandoi Sejumlah Polsek di Depok

Rabu, 25 Mei 2022 | 09:00 WIB

Diinterplasi, Walikota Sebut Belum Terima Surat

Selasa, 24 Mei 2022 | 18:00 WIB

Kereta Wisata Ambarawa -Tuntang Tabrak Minibus

Selasa, 24 Mei 2022 | 15:00 WIB
X