• Senin, 27 Juni 2022

Masih Aman dari Penularan PMK, Wakil Bupati Gunungkidul Tetap Siaga Lakukan Pengetatan Mobilitas Hewan Ternak

- Rabu, 25 Mei 2022 | 10:00 WIB
Heri Susanto meminta kepada masyarakat Gunungkidul agar tetap menjaga ternaknya dari penyakit mulut dan kuku (Tim/WAP)
Heri Susanto meminta kepada masyarakat Gunungkidul agar tetap menjaga ternaknya dari penyakit mulut dan kuku (Tim/WAP)

godepok.com, Maraknya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak terutama pada sapi dan kambing di beberapa provinsi di pulau Jawa membuat pemerintah Kabupaten Gunungkidul mulai melakukan pencegahan dan antisipasi pada hewan ternak yang dimiliki warga masyarakat nya.

Hal tersebut di ungkapkan Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto di sela prosesi ziarah kubur dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Gunungkidul yang ke 191 di Kalurahan Pilangrejo, Kapanewon Nglipar, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Putusan MK Soal UU Ciptaker, Puan: DPR Tunggu Supres Presiden

Wakil Bupati Gunungkidul kepada GoDepok.com mengatakan walaupun di Kabupaten Gunungkidul belum ada ternak yang terjangkit oleh penyakit mulut dan kuku (PMK) namun Heri mengatakan, pemerintah Kabupaten telah melakukan koordinasi dengan dinas peternakan Kabupaten Gunungkidul untuk terus melakukan pemantauan terhadap hewan ternak yang ada, terutama pada kambing dan sapi agar jangan sampai menulari hewan ternak di Gunungkidul.

"Kami pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah melakukan komunikasi dengan dinas peternakan kiranya hal-hal yang berpotensi terutama ternak yang dicari wilayah Jawa timur jangan dulu masuk ke Gunungkidul, karena PMK ini mula nya dari Jawa timur ya," kata Heri Susanto.

Baca Juga: Diinterplasi, Walikota Sebut Belum Terima Surat

Heri juga mengatakan pemerintah akan terus menjaga agar ternak di seluruh Gunungkidul tetap sehat tidak terjangkit penyakit mulut dan kuku, mengingat hari raya Idul Adha sudah mulai dekat.

"Saya pikir kita perlu menjaga, karena sebentar lagi kita akan merayakan Idul Adha sehingga perlu ada pencegahan preventif kepada hewan ternak kita sehingga penyakit mulut dan kuku tidak menjangkiti," imbuh Heri Susanto.

Baca Juga: Terdampak Banjir Rob, BPBD Jateng Terjunkan Tim Bikin Posko dan Dapur Umum

Halaman:

Editor: Wahyu Adi Putranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Anggrek FC Juarai Persika Cup ke 23

Senin, 27 Juni 2022 | 07:30 WIB

Alumni Siswa SMP 7 Depok Baksos Khitanan Msssal

Senin, 27 Juni 2022 | 07:00 WIB

Presiden Joko widodo akan Hadiri KTT G7 di Jerman

Minggu, 26 Juni 2022 | 19:30 WIB
X