• Senin, 27 Juni 2022

Meta dan Microsoft Membentuk Metaverse Standards Forum

- Kamis, 23 Juni 2022 | 10:00 WIB
Metaverse Standards Forum, forum yang dibentuk untuk pengembangan teknologi metaverse (Tim/KNN/instagram disguise_one)
Metaverse Standards Forum, forum yang dibentuk untuk pengembangan teknologi metaverse (Tim/KNN/instagram disguise_one)

 

godepok.comMicrosoft, Epic Games, Meta, dan 33 perusahaan dan organisasi lainnya telah membentuk grup standar untuk teknologi Metaverse yang disebut Metaverse Standards Forum. Forum tersebut bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi antara berbagai organisasi standar dan perusahaan untuk mewujudkan "interoperabilitas dunia nyata" dalam metaverse.

Peserta dalam Metaverse Standards Forum mencakup banyak perusahaan terbesar yang bekerja di bidang tersebut, mulai dari pembuat chip hingga perusahaan gim, serta badan penetapan standar yang mapan seperti World Wide Web Consortium (W3C).

Namun Apple, yang diperkirakan para analis akan menjadi pemain dominan dalam balapan metaverse setelah memperkenalkan headset realitas campurannya pada tahun ini atau tahun depan.

Baca Juga: Pembukaan Pintu Perlintasan Untuk Kepentingan Warga

Memperkenalkan perangkat semacam itu akan menempatkan Apple dalam persaingan langsung dengan Meta, yang juga telah mengungkapkan rencana untuk headset realitas campuran dengan nama kode Cambria yang akan dirilis tahun ini.

Apple telah banyak terlibat dalam pembuatan standar web seperti HTML5 di masa lalu. Untuk konten tiga dimensi di metaverse, Apple bekerja dengan Pixar pada format file "USDZ" dan dengan Adobe untuk memastikannya mendukung format tersebut.

Seperti dilansir dari Reuters, Neil Trevett, seorang eksekutif di pembuat chip Nvidia yang mengepalai Forum Standar Metaverse, mengatakan bahwa setiap perusahaan dipersilakan untuk bergabung dengan grup, termasuk peserta dari dunia kripto.

Tidak hanya Apple saja yang tidak hadir dalam forum itu, perusahaan game Roblox dan Niantic juga tidak termasuk di antara peserta forum, juga platform metaverse berbasis crypto yang muncul seperti The Sandbox atau Decentraland.***

Editor: Kinan Warih Arminta

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Anggrek FC Juarai Persika Cup ke 23

Senin, 27 Juni 2022 | 07:30 WIB

Alumni Siswa SMP 7 Depok Baksos Khitanan Msssal

Senin, 27 Juni 2022 | 07:00 WIB

Presiden Joko widodo akan Hadiri KTT G7 di Jerman

Minggu, 26 Juni 2022 | 19:30 WIB
X